Trending NewsTips & Trik

Pahami resiko menggunakan robot trading dan apa itu robot trading ?

Pahami resiko menggunakan robot trading dan apa itu robot trading ? – Saat ini sedang hangat-hangatnya membahas tentang trading khususnya robot trading. Sebelum kamu memulai menggunakan robot trading, ada baiknya kamu mengetahui dan memahami apa yang dimaksud robot trading, setelah itu kamu juga perlu mengetahui faktor apa saja yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memulai menggunaka robot trading.

Definisi Trading

Dikutip dari akseleran.co.id, trade dalam bahasa Inggris berarti pertukaran atau pertukaran barang atau jasa dari satu pihak ke pihak lainnya. Aktivitas perdagangan (trading) secara historis disebut barter sampai ditemukannya media pertukaran standar (dalam bentuk mata uang). Saat ini, perdagangan juga telah berkembang menjadi pasar uang.

Definisi Robot

Kamu pasti sering mendengarkan istilah “robot”, yang terbayang di pikiranmu adalah mesin yang dapat bergerak untuk mengerjakan tugas layaknya manusia, atau menggantikan peran manusia. Apa yang kamu pikirkan mengenai robot itu sudah tepat, namun perlu diketahui bahwa definisi robot sesungguhnya adalah sebuah kecerdasan yang dibuat oleh manusia atau yang sering disebut kecerdasan buatan (artificial intelegent) atau yang sering disingkat (Ai). Sebuah Ai atau robot dikembangkan menggunakan algoritma dan pengetahuan pakar (ahli di bidangnya) yang kemudian algoritma dan pengetahuan tersebut dimasukan kedalam sebuah sistem perangkat lunak dan/atau perangkat keras sehingga Ai tersebut bisa melakukan perilaku dalam mengambil keputusan layaknya pengetahuan pakar yang sudah dimasukan tadi.

Pengertian Robot Trading

Dari kedua definisi trading dan robot yang sudah kami jelaskan tadi maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan robot trading adalah sebuah sistem kecerdasan buatan atau Ai (artificial intelegent) yang memilki pengetahuan tentang ilmu trading yang digunakan untuk melakukan otomatisasi pengambilan keputusan dalam melakukan trading.

Baca Juga  5 Tips Paling Ampuh Menaikan Follower Instagram di Tahun 2021

Jadi intinya adalah dengan menggunakan robot trading tersebut kamu hanya perlu melakukan investasi dan menyerahkan keputusan dalam melakukan trading tersebut kepada robot trading yang kamu gunakan.

Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai menggunakan robot trading

illustrasi trading
Foto oleh energepic.com dari Pexels

Sebelum memulai menggunakan robot trading tentunya kamu perlu mempertimbangkan berbagai macam aspek baik dari segi keuntungan dan resiko yang dapat kamu terima, berikut adalah beberapa poin yang perlu kamu pikirkan sebelum menggunakan robot trading.

Akurasi Robot Trading

Setiap sistem cerdas/robot/Ai pasti memiliki track record nya sendiri, data track record tersebut dikumpulkan dalam kurun waktu tertentu dan menghasilkan sebuah data yang menunjukan tingkat akurasi dari robot tersebut. Tingkat akurasi yang dimaksud adalah seberapa besar presentase keberhasilan robot tersebut berhasil memprediksi trading yang dilakukan. Menurut kompas.com, rata-rata robot trading mengklaim bahwa robot trading mereka memiliki rasio keuntungan 90 persen, bahkan ada yang mengatakan bahwa mereka sama sekali tidak pernah mengalami loss. Hal ini tentu sangat tidak masuk akal karena para trader handal dunia saja memiliki banyak kegagalan.

Tidak mungkin ada robot trading yang memiliki akurasi sangat tinggi karena tidak ada knowledge pakar yang bisa dijadikan acuan robot trading yang berkaitan. Jadi tugas kamu sebelum memulai menggunakan robot trading adalah mencari robot trading dengan akurasi paling tinggi ya visiter. Jangan sampai tertipu rayuan marketing ya, gunakan data valid yang kamu kumpulkan sendiri.

Belajar Ilmu Trading

robot trading
Foto oleh Olya Kobruseva dari Pexels

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa robot juga memiliki tingkat failure atau tingkat kesalahan dalam memberikan output keputusan yang berakibat kerugian buat kamu saat melakukan trading. Walapun tujuan robot trading sendiri adalah melakukan aktivitas trading secara otomatis, kamu juga perlu mengantisipasinya dengan belajar ilmu trading dari dari dasar, sehingga ketika kamu memonitor robot tradingmu, kamu dapat mengantisipasi kesalahan yang dilakukan robot trading yang kamu gunakan.

Baca Juga  5 Tugas Penting Offlaner Mobile Legends

Pilih Robot Trading Yang Terpercaya

Memilih platform robot trading yang terpercaya adalah syarat utama yang harus kamu penuhi dikarenakan saat ini tidak sedikit platform robot trading yang mengklaim dirinya terpercaya kemudian membawa lari uang para penggunannya. Perlu diketahui bahwa robot trading bisa saja terpercaya namun bukan berarti legal, dikutip dari cnbc.com “Pada intinya robot trading ini semuanya akan ilegal bila digunakan aktivitas kegiatan trading di berjangka komoditi atau efek/saham karena harus mendapat ijin dari Bappebti atau OJK,” namun perlu diketahui bahwa bappebti sampai saat ini belum pernah menerbitkan izin kepada robot trading manapun.

Inilah resiko yang kamu harus pertimbangkan jika menggunakan robot trading karena belum ada robot trading yang terikat dengan pengawas di Indonesia, jadi minimal kamu harus melakukan riset data terhadap sejumlah robot trading yang kamu ketahui dan menarik kesimpulan robot trading terpercaya dari beberapa pilihan yang ada.

Masa Kejayaan Robot Trading

Setelah kamu memutuskan untuk menggunakan layanan robot trading, kamu juga perlu mengetahui masa kejayaan robot trading tersebut. Yang dimaksudkan masa kejayaan adalah masa dimana tingkat prediksi trading yang dilakukan robot trading tersebut sangat baik. Dikutip dari seputarforex.com, robot trading memiliki masa kejayaan 8 bulan sampai 1,4 tahun lamanya, setelah itu robot trading akan mengalami penurunan performa yang berdampak terhadap tingkat akurasi atau win rate dari robot trading tersebut.

Tujuan kamu mengetahui masa kejayaan robot trading ini adalah agar kamu tidak masuk ke dalam masa penurunan performa robot trading, gunakanlah robot trading saat ia sedang ada di masa kejayaannya sehingga nantinya akan berdampak terhadap keuntungan kamu, setelah mengetahui kurun waktu masa kejayaannya, kamu dapat mulai berhenti menggunakan robot trading tersebut jika telah memasuki masa penurunan performanya.

Baca Juga  Selain Get Contact, ini 4 Aplikasi lain untuk Melacak Nomor HP! GRATIS

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa tips dari kami untuk kamu yang ingin memulai belajar menggunakan robot trading.

Terima kasih telah membaca ulasan mengenai game ini dari kami, jika anda menyukai konten dari kami, silahkan ikuti fanspage Visiterang agar anda tetap mendapatkan update menarik dari kami mengenai game, aplikasi, penghasilan dari internet, dan konten mengenai teknologi yang sedang viral lainnya.

Baca juga artikel tentang tips & trik lainnya melalui link di bawah ini :

Tips & Trik

Related Articles

Back to top button